Pola hidup yang sesuai membuat tubuh semakin sehat

Selasa, 16 Juni 2015

Cara Meditasi Yang Benar Untuk Menghilangkan Stress

Cara Meditasi Yang Benar - Apakah akhir-akhir ini kamu memikirkan banyak hal sehingga tak jarang tertimpa stress? 

Meditasi dipercaya sebagai cara paling efektif untuk menghilangkan stress. Namun, efektifitas meditasi tidak akan terasa jika tidak mengerti cara meditasi yang benar. Banyak teknik yang harus diikuti agar terapi yang dijalani untuk mengurangi stress membuahkan hasil.

Cara Meditasi Yang Benar

Cara Meditasi Yang Benar
Cara Meditasi Yang Benar
Berikut ini cara meditasi yang benar, silahkan kamu ikuti.

1. Pilihlah Waktu Pagi Untuk Bermeditasi
Meditasi lebih nyaman dilakukan pagi hari, selepas bangun tidur. Para ahli menyarankan setiap orang untuk bermeditasi di jam-jam seperti ini. Alasannya, udara di pagi hari masih bersih dan bebas polusi. Ditambah dengan otak yang fresh karena belum dipakai untuk berpikir. Nah, sekarang kamu cobain deh meditasi di pagi hari.

2. Menghembuskan Nafas Secara Perlahan Adalah Kunci Keberhasilan Meditasi
Fokusnya meditasi adalah mengatur napas dengan baik. Kamu bisa merasakan manfaat dari meditasi jika memperhatikan cara bernafas. Mulailah untuk menarik nafas secara perlahan, kemudian tahan beberapa detik, dan hembuskan dari mulut tanpa harus membuka mulut lebar-lebar. Nyamannya pagi akan terasa setelah beberapa menit kamu lakukan proses bernafas yang dianjurkan.

3. Jangan Lupa Untuk Memfokuskan Pikiran
Banyak yang mengira bahwasanya meditasi merupakan kegiatan mengosongkan pikiran. Tidak, itu keliru. Justru meditasi merupakan aktivitas yang ditujukan untuk menentramkan hati, menenangkan pikiran, dan menghilangkan stress dengan cara memfokuskan pikiran sebagai langkah bersama saat melakukan rileksasi dan pengaturan nafas.

4. Nikmati Proses Meditasi
Simpel saja dalam melakukan meditasi. Hanya perlu duduk sila sembari meletakkan kedua tangan di atas tiap lutut dengan membuka telapak tangan ke arah atas, kamu sudah bisa melanjutkan proses meditasi, yakni dengan bernapas (sesuai anjuran) dan memfokuskan pikiran. Nah, sehabis itu hanya perlu menikmati proses meditasi.

5. Putar Musik Instrumental
Ini hanya opsional. Beberapa orang terbukti mampu lebih baik dalam memfokuskan pikiran saat mendengarkan musik. Ketika meditasi pun ternyata musik memiliki peran untuk membantu meningkatkan fokus seseorang. Kamu boleh mencobanya, tapi jangan pilih lagu yang bikin telinga sakit, ya... 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meditasi Yang Benar Untuk Menghilangkan Stress